Sabtu, 08 November 2014

Permainan "Vektor Ceria" memadukan teknologi dan kreatifitas siswa di kehidupan nyata.

Hari itu saya harus mengajar materi tentang Vektor di kelas XII IPA 4 selama 3 jam pelajaran. Materi vektor yang saya ajarkan tersebut harus dikenalkan secara geometri dan secara aljabar. Pengenalan vektor secara geometri memudahkan anak untuk lebih memahami tentang apa itu vektor dan contohnya dikehidupan nyata. Tidak seperti tahun sebelumnya, ketika saya mengajarkan vektor secara geometri, saya harus memindahkan papan kotak kotak, lalu menggambar di papan tersebut. Tahun ini menjadi lebih mudah karena semua materi vektor yang ingin saya sampaikan sudah saya siapkan melalui aplikasi note dari smartphone saya. Saat
tiba dikelas, saya langsung mengucapkan salam dan membimbing anak didik saya untuk berdoa, materi saya langsung saya tampilkan melalui proyektor, saya lalu mengajak siswa saya mengenal lebih dekat apa yang disebut vektor. Berikut ini adalah tampilan materi vektor yang saya sampaikan kepada anak didik saya.
. Materi vektor yang saya sampaikan menjadi lebih singkat, karena saya tidak harus lagi mencatat di papan tulis. Selanjutnya saya lalu mengajak anak-anak membentuk 3 kelompok dan membawa mereka keluar kelas, saya menyampaikan kepada mereka bahwa mereka akan bermain games Vektor Ceria, mereka akan membentuk sebuah vektor secara geometri, dari vektor yang saya sebutkan nilainya. Sepertinya mereka tampak paham, karena sudah dijelaskan materinya melalui tayangan slide ketika di dalam kelas. Akhirnya permainan pun dimulai, meskipun hari panas, anak-anak sangat antusias membentuk vektor, dan terlihat keceriaan mereka.
. Saat melihat anak-anak senang ketika belajar dan bermain, ada rasa bahagia di hati saya. Rasa senang siswa, adalah modal bagi guru ketika akan mengajar, sebisa mungkin guru harus menumbuhkan rasa senang itu ketika akan mengajar, menumbuhkan rasa senang bisa dengan berbagai cara, satu diantaranya adalah dengan memanfaatkan teknologi, dan aplikasi materi dikehidupan nyata. Akhirnya hari itu materi vektor berakhir dengan ceria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar