Kamis, 06 November 2014

Berinovasi dalam membuat media pembelajaran melalui pemanfaatan media teknologi smartphone note

Tulisan ini merupakan pengalaman nyata saya sebagai seorang guru. Kekaguman dan perasaan jatuh cinta saya pada sebuah teknologi berawal ketika suami saya memperlihatkan video tutorial teknologi terbaru sebuah smartphone dengan aplikasi notenya. Saat itu rasa ingin memilikinya begitu kuat,dalam video tersebut diperlihatkan kecanggihan sebuah teknologi yang memungkinkan seseorang membuat catatan tidak diatas kertas, melainkan pada sebuah smartphone. Keinginan
saya tidak terbendung lagi, karena dipikiran saya bermunculan ide ide yang ingin saya tuangkan melalui aplikasi note tersebut, saya membayangkan saat saya mengajar tidak lagi menulis pada papan tulis, melainkan pada layar sebuah smartphone, dan ide yang paling ingin saya tuangkan adalah membuat materi ajar matematika khususnya pembahasan soal UN dengan tampilan yang berbeda, yaitu dengan tulisan berwarna dan bergambar kartun lucu. Syukur alhamdulillah suami saya sangat mengerti keinginan saya, akhirnya smartphone dengan teknologi notenya bisa saya miliki, hingga akhirnya saya bisa mewujudkan ide dan keinginan saya. Akhirnya saya bisa menggambar kartun lucu untuk mewarnai materi pembelajaran saya, sehingga materi pembelajaran matematika yang saya sajikan menjadi sedikit berbeda, lucu dan berwarna. Gambar berikut mewakili beberapa halaman dari buku yang saya hasilkan melalui teknologi note pada sebuah smartphone
Selain memudahkan saya dalam mengajar, juga memudahkan saya ketika saya ingin mengabadikan siswa saya saat bermain sambil belajar, karena saya tinggal menggunakan aplikasi untuk memfoto dan merekam dari smartphone tersebut.Berikut ini gambar yang saya ambil saat siswa saya sedang bermain games "vektor ceria"
Sebagai seorang guru saya sangat merasakan manfaat sebuah teknologi, terutama memudahkan saya dalam mengajar dan membantu mewujudkan ide-ide saya, sehingga bisa menjadi lebih kreatif dan inovatif, serta membantu menciptakan siswa yang juga semakin unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

1 komentar: