Jumat, 07 November 2014

Mengajar matematika asyik dan menyenangkan melalui pemanfaatan teknologi

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini kita sedang hidup dizaman teknologi yang semakin canggih. Kecanggihan sebuah teknologi merupakan sebuah aset yang sangat bermanfaat dan sangat membantu seorang guru dalam mengajar. Hal inilah yang paling saya rasakan ketika memanfaatkan sarana teknologi tersebut ketika mengajar.Meskipun
gaji sebagai seorang guru tidaklah besar tapi saya berusaha untuk memiliki proyektor ( LCD )sendiri, walaupun saat itu sekolah tempat saya mengajar juga menyediakan proyektor( LCD ), akan tetapi saya merasa tidak pernah ada kata mahal untuk sebuah teknologi, dan mengapa saya harus memiliki sendiri LCD tersebut?, karena kelas yang saya ajar cukup banyak, sehingga saya merasa nyaman ketika menggunakan proyektor sendiri. Saat mengajar saya memanfaatkan note book, smarthphone note, wireless HDMI, serta proyektor untuk mempermudah saya dalam mengajar, subhanallah saat itu terasa sekali kebesaran Allah yang telah menciptkan teknologi canggih untuk kita semua. Berikut ini adalah foto saat saya mengajar dengan memanfaatkan teknologi tersebut
Dengan bantuan teknologi smartphone note, memudahkan saya juga dalam berkreasi menciptakan bahan ajar matematika yang lucu dan berwarna, meskipun saya harus menggambar manual di note tersebut, akan tetapi ada perasaan bahagia ketika melihat anak didik saya merasa senang dengan media dan bahan ajar tersebut, kata mereka "lucu ya bu, gambar kartunnya". Berikut ini foto bahan ajar matematika yang saya buat melalui teknologi smartphone note, yang saya cetak menjadi buku dan saya tampilkan melalui proyektor saat saya mengajar.
. Alhamdulillah saya sangat terbantu dengan adanya teknologi, saat anak mulai jenuh, saya memutar video motivasi dalam pembelajaran, hal ini memberikan dampak positif terhadap anak didik saya, pelan-pelan rasa jenuh tersebut tampak mulai hilang. Akhirnya pembelajaran yang saya lakukan mulai ada perubahan semenjak memanfaatkan teknologi, matematika menjadi lebih asyik dan ceria serta menumbuhkan nilai positif psikologi anak didik saya melalui video motivasi yang sering saya putar menyelingi pembelajaran saya. Saya berharap dengan pemanfaatan teknologi secara tepat dapat melahirkan generasi unggul baik secara IPTEK maupun IMTAQ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar